Cara Ampuh Terhindar Dari Hoax

Pada tanggal 1 April, LINE Today, content agregator LINE Indonesia, menghadirkan satu tautan artikel berjudul ” Artis Salah Kirim Chat, Praktek Jual Beli Nada Miliaran Rupiah Terbongkar “. Kurun waktu 1 minggu, kampanye itu sukses memperoleh 95 ribu click.

Tetapi, saat pemakai mengklik tautan itu, bakal nampak tulisan ” April Mop, Ini Contoh Hoax, Maka dari itu Saring Sebelumnya Berbagi. ” Kampanye itu adalah kerja sama pada MatahariMall, Kementerian Komunikasi serta Info serta LINE untuk melawan hoax. Maksudnya yaitu mengedukasi orang-orang tidak untuk terjerat membagikan berita palsu.

Berikut sebagian panduan yang dapat Kamu kerjakan.

1. Cek sumber berita
Seringkali Kamu bakal temukan berita mengagetkan lewat sosial media atau group aplikasi pengirim pesan. Tetapi, sebelumnya menebarkan berita itu, baiknya Kamu memeriksanya lebih dahulu. Baca artikel dengan saksama. Cermati tautan/domain website, apakah ia adalah domain dari media yang memanglah tercatat di Dewan Pers. Hati-hatilah bila sumber itu bukanlah media tercatat.

2. Cek kebenaran berita
Dengan internet, Kamu bisa dengan gampang mengecek kebenaran satu berita. Umpamanya, Kamu memperoleh berita kalau satu website lakukan potongan harga atau promosi. Baiknya Kamu memeriksanya segera ke website resmi pihak yang diberitakan lakukan potongan harga itu. Hal yang sama dapat dikerjakan untuk mengecek kebenaran berita lain.

3. Tetaplah tenang
Di internet, Kamu bakal kerap temukan berita yang mengundang pro-kontra. Waktu membaca berita seperti ini, baiknya Kamu tak selekasnya menebarkannya ke orang lain. Baiknya, check kembali sumber berita, apakah ia memanglah media yang kredibel.

Bila masihlah tak meyakini, tak ada kelirunya bila Kamu mencari berita yang sama dari media yang tidak sama. Begitu, Kamu dapat memperbandingkan kebenaran info yang ada.

4. Bantu orang paling dekat mengetahui hoax
Terangkan mengenai langkah untuk mengetahui hoax pada rekan serta keluarga. Begitu, Kamu dapat menolong beberapa orang paling dekat supaya tak gampang terprovokasi oleh berita bohong.

5. Memperbanyak rujukan
Saat Kamu tak meyakini bakal kebenaran satu berita, baiknya Kamu memperbanyak bacaan berkaitan tema itu, baik dari media yang sama atau dari media yang tidak sama. Makin banyak rujukan yang Kamu miliki, makin terang info yang Kamu peroleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *