Helikopter Buatan Facebook Ini Bisa Sebar Sinyal Internet

Facebook bikin helikopter kecil bernama Tether-tenna. Helikopter itu bermanfaat untuk menebarkan tanda internet spesial di lokasi spesifik yang ada dalam kondisi darurat.

Sebagai contoh, umpamanya satu lokasi alami bencana alam serta menara base tranceiver station (BTS) punya satu operator seluler disana rusak. Automatis tanda operator di lokasi itu hilang.

Sebagai perlakuan darurat, Facebook dapat kirim Tether-tenna ke lokasi itu, serta menggunakannya untuk menebarkan tanda internet supaya beberapa orang dapat kembali berkomunikasi.

Baca Juga : Harga Lemari Olympic

Seperti ditulis KompasTekno dari The Verge, Jumat (21/4/2017), untuk dapat mengadakan tanda internet itu, Tether-tenna tak dapat bekerja sendiri. Tether-tenna memerlukan sambungan kabel serat optik yang masihlah berperan serta support daya listrik supaya dapat bekerja.

Karenanya, cuma lokasi bencana yang masihlah mempunyai listrik serta kabel serat optik saja yang dapat memakai Tether-tenna sebagai penyebar internet sesaat.

Sekarang ini helikopter penyebar internet itu masih tetap dalam sistem pengembangan. Belum terang apakah Facebook bakal memproduksinya dalam jumlah besar untuk digunakan sendiri, atau digunakan lewat kerja sama juga dengan beberapa operator telekomunikasi.

Facebook sendiri menyampaikan sudah berhasil menguji cobalah Tether-tenna untuk beroperasi menebarkan tanda internet sepanjang 24 jam. Tetapi proyek ini masihlah belum usai. Raksasa sosial media itu masihlah butuh menyempurnakan serta mengembangkannya supaya dapat betul-betul digunakan dalam kondisi riil.

“Saat telah prima, tehnologi ini bakal dapat digunakan sediakan akses internet darurat serta beroperasi sepanjang berbulan-bulan sembari menanti sembuhnya tanda telekomunikasi, ” jelas Director Connectivity Program, Facebook, Yael Maguire.

“Sekarang tehnologi ini masih tetap dalam sistem pengembangan step awal. Ada banyak yang perlu dikerjakan untuk merampungkan tantangan dalam praktik dunia kenyataannya. Umpamanya masalah masalah tiupan angin kencang serta petir, ” paparnya.

Diluar itu ada permasalahan keamanan juga. Pasalnya, helikopter memiliki ukuran sebesar mobil VW Beetle itu memerlukan listrik tegangan tinggi untuk dapat beroperasi.

Sebatas di ketahui, Tether-tenna adalah satu diantara banyak kiat yang tengah diperkembang oleh Facebook. Terlebih dulu Facebook juga sudah meningkatkan drone dengan pekerjaan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *