Menkominfo minta masyarakat waspada serangan virus Petya

Sesudah serangan ransomware WannaCry pada Mei lantas, beberapa waktu terakhir diberitakan keluar sekali lagi virus computer yang dijagokan lebih mengerikan dari WannaCry. Nama virus itu yaitu Petya.

Petya ini sudah menyerang lokasi Eropa serta Asia Selatan. Tetapi, yang terdampak paling kronis yaitu Ukraina. Tidak tanggung-tanggung, virus itu menyerang bidang kelistrikan hingga perbankan.

Tidak dapat disangkal, dapat saja Indonesia jadi tujuan selanjutnya. Jadi itu, Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Rudiantara juga mewanti-wanti supaya orang-orang waspada dengan virus Petya ini. Kata menteri yang akrab disapa Chief RA ini, langkah kerja Petya persis WannaCry. Menyandera data dengan menerobos celah keamanan dari system computer.

” Pemerintah selalu memonitor serta memitigasi gerakan dari penebaran virus Petya ini di Indonesia. Pemberitahuan sudah di keluarkan oleh id-SIRTI (organisasi yang diampu Kemkominfo untuk mengatasi insiden seperti serangan siber) pada beberapa partner yang bekerja sama dengan penyelenggara service internet, NAP ataupun Kementerian/Instansi, ” tuturnya pada mass media dalam pesan singkat, Rabu (28/6).

” Sekarang ini kami tengah bergerak serta menyiapkan semuanya untuk memberi early warning serta pergerakan antisipatif atau preventif ke semuanya orang-orang, ” ungkap dia.

Dia juga berpesan pada orang-orang, supaya sebelumnya aktifkan komputernya, disuruh untuk lakukan backup data sesegera mungkin saja, menonaktifkan jaringan LAN sesaat, pakai system operasi original serta up-date dengan berkala, lalu instal antivirus serta up-date juga dengan berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *